Sabtu, 05 November 2011

tugas etika profesi akuntansi,

Etika dan Etiket yang berlaku

di Indonesia

Hai,,,oya Nih guys saya mau ngebahas nih tentang etika dan etiket nih seperti apa sih “ Etika dan Etiket itu “?.Etika itu mempunyai arti yaitu ilmu tentang apa yang biasa dilakukan atau juga ilmu tentang adat kebiasaan ini menurut (K.Bertens, 2000) yang lebih singkatnya itu sich “mempelajari tentang apa yang baik dan yang buruk nih juga tentang hak dan kewajiban moral pastinya loh “.

Nah kalo yg ini tuh lebih jelasnya lagi dari beberapa ahli Menurut Maryani & Ludigdo “Etika yaitu Seperangkat aturan atau norma atau pedoman yang mengatur perilaku manusia, baik yang harus dilakukan maupun yang harus ditinggalkan yang di anut oleh sekelompok atau segolongan masyarakat atau profesi”.

Kalo etiket itu mah adat sopan santun atau tata krama yang perlu selalu diperhatikan dalam pergaulan agar hubungan selalu baik. Jadi ,,yang jelasnya itu etika berarti moral sedangkan etiket berarti sopan santun.

Ohh iya juga nih ada contoh etika dan etiket itu

lohh ngak bnyak si ada beberapa lah :

ETIKA :

a. barang yang dipinjam tuh seharusnya mah dikembain sama yg punyanya .

b. Gak boleh tuh berduaan ditempat yang sepi dan gelap

ETIKET :

a. Ucapkan “ terima kasih” ke orang yang memberi kita sesuatu

b. Mendahulukan orang yang lebih tua misalnya saat ngambil nasi,

Saya juga akan ngebahas beberapa perbedaan etika dan etiket :

a. Etiket menyangkut cara kalian melakukan perbuatan terhadap perbuatan manusia yang ada.

b. Etiket cuma berlaku buat pergaulan aja.juga berlaku relative

c. Etiket yang cuma memandang manusia dari segi lahirian aja kalo etika cuma memandang manusia dari segi dalam.

Ada juga nih Faktor-faktornya yang mempengaruhi pelanggaran etika :

1. Kebutuhan individu

2. Tidak adanya pedoman

3. Perilaku dan kebiasaan manusia yang terakumulasi dan tak dikoreksi

4. Lingkungan yang gak etis

5. Perilaku dari komunitas

Inilah beberapa penjelasan yah mengenai etika/etiket itu

-Sekian-


\



1 komentar:

  1. Thanks for providing such a great article, it was excellent and very informative.
    as a first time visitor to your blog I am very impressed.
    I found a lot of informative stuff in your article. Keep it up. Thank you.
    I introduce a Economics student in Islamic University of Indonesia Yogyakarta

    twitter : @profiluii

    BalasHapus