Sabtu, 22 Mei 2010

bank pembagunan asia

Bank Pembangunan Asia

(The Asian Development Bank)

a. Sejarah awal mula berdirinya

Bank Pembangunan Asia didirikan dalam rangka memberikan bantuan keuangan kepada negara-negara di Asia. Bank Pembangunan Asia didirikan tahun 1966 sebagai rasa solidaritas bangsa-bangsa di Asia yang sangat memerlukan dana bagi pembangunan negaranya.

b. Tujuan Pendirian

Tujuan pendiriannya lebih didasarkan dalam rangka kerja sama ekonomi dan pembangunan akibat sulitnya memperoleh bantuan dari negara-negara maju.

c. Tugas Bank Pembangunan Asia

Tugas Bank Pembangunan Asia adalah berupaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara-negara di benua Asia dan meningkatkan kerja sama yang lebih erat di berbagai bidang dengan sesama anggotanya. Pemberian bantuan kepada anggotanya dapat berupa bantuan keuangan atau bantuan teknik secara berkala atau sesuai kebutuhan.

d. Sumber-sumber Dana Bank Pembangunan Asia

Sumber-sumber dana Bank Pembangunan Asia, sebagian besar dari negara-negara Asia. Begitu pula para pimpinannya baik presiden maupun anggota direksi adalah orang Asia. Selain itu, struktur permodalan Bank Pembangunan Asia juga diperoleh dari luar negara Asia. Saat ini anggota Bank Pembangunan Asia tidak hanya negara-negara di kawasan Asia, tetapi sudah meliputi negara-negara non Asia.

e. Kegiatan Bank Pembangunan Asia

adapun kegiatan Bank Pembangunan Asia antara lain:

1. memberikan bantuan pinjaman untuk berbagai proyek, baik mata uang lokal maupun mata uang asing.

2. memberikan bantuan teknik seperti:

a. penyediaan jasa konsultas

b. penyediaan jasa tenaga ahli

1 komentar:

  1. ada ga kemungkinan penyimpangan2 peran dari bank pembangunan asia tersebut????

    BalasHapus